Senin, Oktober 01, 2012

Login Website tanpa Register

Penulis Day Milovich | Senin, Oktober 01, 2012 | 13.24.00 |

Tidak jarang sebuah website meminta pengunjung melakukan register. Ada yang berupa pilihan (option), ada pula yang "memaksa" register. Solusinya: website membolehkan login dengan account Facebook, atau jejaring sosial lain. Trend ini berkembang sampai sekarang, menurutku perkembangan ini sangat bagus.
Pengunjung mengeluhkan ancaman privacy atas account Facebook mereka, khawatir password dan data mereka dimanfaatkan untuk bisnis di website itu, atau tidak mau aktivitasnya diamati orang lain.
Mozilla meluncurkan "Persona", suatu system untuk login di website, menggantikan cara lama, agar pengunjung tidak lagi memakai account jejaring sosial mereka untuk register di website. Asalkan memakai Mozilla, pengunjung bisa jalan-jalan ke mana saja, tanpa menggunakan account Facebook.
---
Infonya bisa dibaca di sini:
http://feedproxy.google.com/~r/Makeuseof/~3/n8S_nOKHMTQ/
---
Saya mencobanya, senang, dan asalkan browser Anda aman (di komputer yang Anda pakai sendiri).
Problemnya,, tidak semua orang memakai Mozilla, tidak semua orang memakai komputer untuk membuka website, dan tidak semua orang bisa memakai Mozilla Firefox secara aman. Mozilla masih kalah aman dibandingkan Google Chrome.
Saran saya: gunakan gmail untuk register manual di website, karena ini lebih aman. Atau gunakan Gravatar (global recognized avatar) dan OpenID saat memasuki website. Sekadar pengingat: lebih baik masuk ke Google Chrome lalu sign-in (account dan browser) untuk memasuki situs manapun, lakukan blog walking sesuka hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda bisa berkomentar tanpa perlu login.

 
Day Milovich (c) 2013. Diberdayakan oleh Blogger.