Selasa, Februari 14, 2012

Unknown: Perjuangan Melawan Lupa adalah Kegilaan

Penulis Day Milovich | Selasa, Februari 14, 2012 | 08.13.00 |

"Kau tahu bagaimana rasanya menjadi gila, Dokter? Rasanya seperti perang antara apa kata orang tentang dirimu dan mengetahui siapa sebenarnya dirimu. Mana yang menurutmu akan menang?"

[Martin Harris, dalam "Unknown" (2011), the movie.]

Apa jadinya jika kegilaan sudah menjadi identitas masyarakat? Setidaknya itu terpikirkan saat menonton film Unknown (2011).
Film "Unknown" dibintangi Liam Neeson (Dr. Martin Harris) dan Diane Kruger (Gina). Infonya silakan browsing di imdb[dot]com.
Diceritakan kedatangan pasangan Martin Harris dan Elizabeth Harris untuk acara konferensi hortikultura di Jerman. Keduanya baru datang dari bandara baru mau saja check-in. Ternyata ada barang ketinggalan: sebuah kopor. Bukan kopor ini yang kelak menjadi masalah. Ada kejadian lain.
Martin Harris diantar supir-taksi gelap, bernama Gina. Kecelakaan terjadi. Martin Harris terbangun di rumah sakit setelah 4 hari koma. Dia khawatir keselamatan isterinya, tidak mau pula ketinggalan acara konferensi. Saat mau masuk, pihak keamanan mengganjalnya, mengingat dia tidak memiliki identitas. Ternyata, Elizabeth sudah berpasangan dengan Martin Harris lain. Martin Harris "palsu" memiliki identitas sama (passport), mengerti semua ucapan Martin Harris asli, bahkan terlihat menjadi pasangan Elizabeth.
Martin Harris mulai meragukan identitasnya sendiri. Dia bilang kepada dokter,
"Kau tahu bagaimana rasanya menjadi gila, Dokter? Rasanya seperti perang antara apa kata orang tentang dirimu dan mengetahui siapa sebenarnya dirimu. Mana yang menurutmu akan menang?"


[Martin Harris, dalam "Unknown" (2011), the movie.]

"Do you know what it feels like to become insane, Doctor? It's like a war between being told who you are and knowing who you are. Which do you think wins?"
(Kau tahu bagaimana rasanya menjadi gila, Dokter? Rasanya seperti perang antara apa kata orang tentang dirimu dan mengetahui siapa sebenarnya dirimu. Mana yang menurutmu akan menang?)

Martin Harris semakin mempertanyakan siapa dirinya, saat dia dikejar persekawanan pembunuh. Gina membantunya mengingat. Tidak ada yang percaya pada kewarasannya. Martin Harris mendapatkan kopornya di bandara.
Ternyata, di kopor itu dia menemukan 47 passport atas nama dirinya, sebagai orang lain. Belakangan diketahui, detektif swasta sewaannya bunuh-diri menelan sianida, setelah menghadapi kejaran Section 15, kelompok pembunuh paling disegani di dunia. "Detail" sudah terbangun itu menjadi kepingan-kepingan lain, harus disusunnya bersama Gina. Harris menerima kenyataan pahit: dia akhirnya mengerti siapa dirinya, dan dia harus bertanggung jawab atas segala rencana buruknya di masa lalu.
Harris mesti merevisi sejarah buatannya, tepat pada saat dia mengerti identitas dirinya. Pasti lebih menarik kalau Anda menonton sendiri ending-nya.
Tipikal film-film Perancis, ending-nya penuh kejutan dan sangat memperhatikan detail. Bukan itu persoalan buat saya. Ada yang lebih menarik.

Saya membayangkan, kalau Martin Harris adalah sebuah masyarakat.
Masyarakat yang datang ke tempat asing (dari Amerika ke Jerman), lalu kehilangan sesuatu sangat penting (kopor berisi identitasnya). Saat dia melacak-ulang warisan itu ke masa lalu (kembali ke bandara) dia mengalami kecelakaan parah, sesuatu tak direncanakan. Lalu masyarakat itu mengalami amnesia kolektif. Semua orang di sekitarnya meyakinkan, bahwa dia bukanlah Martin Harris. Pasangannya tidak mengaku mengenalnya, orang asing mengaku sebagai dirinya.
Bukankah ada masyarakat yang "diteliti habis-habisan" lalu identitasnya dipakai "orang asing"? Sampai-sampai masyarakat itu mengalami "kegilaan" karena tidak menemukan identitas dan sejarahnya sendiri. Mengulang apa kata Martin Harris kepada sang dokter, "Kau tahu bagaimana rasanya menjadi gila, Dokter? Rasanya seperti perang antara apa kata orang tentang dirimu dan mengetahui siapa sebenarnya dirimu. Mana yang menurutmu akan menang?"
Masyarakat dengan personalitas Martin Harris, adalah masyarakat yang disodori teori amnesia, adanya penyakit "lupa". Masyarakat dengan persoanalitas Martin Harris, mengejar sejarahnya sendiri, tidak peduli dengan "penjelasan". Dia tidak mencari apa yang bisa menyembuhkannya, melainkan melacak apa yang membuatnya sampai ke negeri asing.
Mengapa aku mendatangi konferensi? Sepenting apakah diriku di masa lalu sehinga orang-orang ingin menjadi diriku? Dan pada saat dia mengetahui (membuka kopor tertinggal), dia berada di batas kabur: antara membiarkan dirinya sakit dan pelan-pelan meminta bantuan orang lain untuk mengingat sejarahnya,, antara terlambat menyadari dan keharusan bertanggung jawab atas kemungkinan buruk di masa depan.
Dia adalah Martin Harris, dia adalah personalitas dengan identitas buatan, dia adalah masyarakat yang terlambat menyadari identitasnya karena sebuah "kecelakaan", dia adalah perjuangan melawan "rencana" ketika dijatuhkan ke tempat asing untuk menjalankan kejahatan terencana, dia adalah seseorang pemberani melawan semua orang setelah menyadari kekuatannya di masa lalu.
Apakah kamu berada di sebuah masyarakat dengan personalitas Martin Harris?

Info:
Unknown, the movie:
http://www.imdb.com/title/tt1401152/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda bisa berkomentar tanpa perlu login.

 
Day Milovich (c) 2013. Diberdayakan oleh Blogger.