Rabu, Desember 07, 2011

Download Musik Digital, Evolusi Pembajakan

Penulis Day Milovich | Rabu, Desember 07, 2011 | 17.18.00 |

via

Download Musik Digital, Evolusi Pembajakan
Bagaimana pengaruh musik digital terhadap industri musik? Bagaimana mendengarkan musik di tengah hukum pembajakan?

Sejarah Evolusi "Harga Dengar" Musik Digital
Tahun 1977, vinyl lp (piringan hitam) memutar musik 44 menit, dijual harga 25 US$. orang mengeluarkan US$ 0,55 per menit. Tahun 1978, musik 8 track diedarkan, dengan harga-dengar sama, produksi "kaset" berdurasi 60 menit, dengan harga-dengar US$ 0,27 per menit. Tahun 2000, compact disc (cd) mendunia, disusul iTunes tahun 2003. Musik digital memuncak, mendewakan musik "single", harga dengarnya masih di kisaran US$ 0,24. Harganya US$ 0,99 per lagu (durasi rata-rata 4 menit). Tahun 2007, industri musik digital berubah peta: era pembajakan mencapai puncaknya. Grooveshark dan Spotify beraksi!
Hanya dengan membayar account rata-rata US$ 9 orang bisa mendengarkan, download, dan copy musik digital unlimited. Era cloud (penyimpanan abadi di internet) datang, peta musik digital berubah pula.

Musik Digital dan Pembajakan
Ada tiga cara menikmati musik digital: 1) Orang bisa download musik digital (secara legal, ini berarti membeli atau mendapatkan bonus gratisan), misalnya: iTunes. 2) Bisa juga melakukan streaming (mendengarkan langsung, dengan koneksi internet stabil), misalnya: Spotify, GrooveShark, dan YouTube. I like YouTube. 3) Atau memakai hardisk locker (semacam hardisk virtual di cloud), seperti WindowsLive SkyDrive.

Musik Digital sebagai Senjata Menguntungkan
Internet mengedarkan informasi secara bebas, tutorial cara download dari streaming, mengakses account premium dengan cookies, download .mp3 dengan Internet Download Manager, download .mp3 gratis, download .mp3 terbaru, dst.
Musik digital menjadi senjata mendatangkan traffic pengunjung, menaikkan page rank, layanan jual-beli account semakin marak, dan pembajakan musik digital tetap terjadi.
Kalau Anda seorang produsen musik digital, bersiaplah menghadapi pembajak. Kalau Anda artis, buatlah karya yang bagus, sebab sekali musik digital itu dipasang di internet, itu berarti seluruh dunia akan mendengarnya.

Berlaku Bijak atau Membajak
Saya memilih mengkoleksi musik dari YouTube, mendownload official video yang dirilis oleh produsen musik, serta content dari iTunes. Itu legal, sangat lengkap, dan bisa didownload. Saya tidak perlu "semua musik", memilih mendengarkan .mp3 berkualitas tinggi, tidak asal download.
Jika Anda sedang bekerja sambil mendengarkan musik digital, dari manakah musik itu berasal?
---
Catatan:
Hati-hati membuka situs Grooveshark karena dia akan melakukan modifikasi plugin container di browser Firefox. Pastikan memakai firewall/antivirus andal.
---
Download Infographic "Evolution of Music: The impact of Digital Music Industry"
http://visually.visually.netdna-cdn.com/EvolutionofMusicTheimpactofDigitalontheMusicIndustry_4e65e14a30aa1.jpg
:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda bisa berkomentar tanpa perlu login.

 
Day Milovich (c) 2013. Diberdayakan oleh Blogger.