Selasa, Desember 06, 2011

Artikel Terpopuler di Facebook 2011

Penulis Day Milovich | Selasa, Desember 06, 2011 | 12.11.00 |


Artikel terpopuler di Facebook di-share 595.624 kali, dinobatkan Facebook Media sebagai artikel kedua dari 40 artikel paling banyak di-share di internet. Investigative reporting? Bukan. Lebih mirip "keluhan" seorang kepala sekolah (principal) mewakili jeritan para guru agar didengar para orang tua egois.
Sekolah lebih mirip panti asuhan pendidikan setengah hari. Orang tua menitipkan pendidikan tanpa mendisiplinkan anak, tidak memberikan kepercayaan penuh kepada para guru, masih menganggap "nilai baik" dalam prestasi berarti anaknya pintar di pelajaran itu, sering "melawan" guru (dengan membawa pengacara) jika merasa mendapat perlakukan tidak adil (fair), dll.
Menariknya, bukan soal "isi" (content) artikel. Koran dan media tidak pernah berhenti mengulas pendidikan. Menariknya, "bentuk" artikelnya mirip "keluhan" (atau curhat?). Bicara dari hati ke hati secara hati-hati, mewakili kemauan kebanyakan guru, ternyata masih membuat semua orang membacanya. Tipikal tulisan paling disukai di Facebook. Dituliskan tanggal 6 September 2011 tetapi sampai sekarang masih terus dibaca, aktualitas lumayan awet, sampai mendapat 2915 comment.
Di Indonesia, forum terbesar adalah Kaskus.us memiliki keanggotaan 3.741.309 user id, dan info terbaru: ada 466.330.736 posting. Corak artikel nomor satu di "hot thread" (HT) atau postingan terhangat adalah tulisan investigasi yang mengolah informasi hasil browsing. Kaskuser mau pajang "trit" (thread) harus riset dulu. Dilarang "repost", memposting-ulang sesuatu yang sudah pernah dibaca kaskuser, entah di Kaskus ataupun di internet. Kalau ketahuan, publik mengadili dengan "bata", kalau disukai publik, bisa dapat "bintang" dan "cendol". Tidak mengherankan, sistem "vote" (pilih terbanyak) dan popularitas berdasarkan comment masih menjadi andalan untuk melihat siapa terpopuler. Harga Kaskus, sekarang sudah mencapai 630 milyar rupiah. Mencari apa saja, ada di situ. Sembarang tema, dari artikel lucu sampai diskusi politik, dari nubitol sampai master.
Mencari bentuk yang paling disukai, tidaklah mudah. Harus memperhatikan "trend", memperhatikan komunitas yang sedang dihadapi. Kalau Facebook suka curhat, maka Kaskus lebih suka riset berdasarkan browsing.
Paling banyak di-share, belum tentu paling umum. Nomor satu dan favorit, jelaskah berbeda. Kalau dihitung secara total, yang teratas tetaplah: link, video, dan foto di nomor satu.
Apa yang paling sering Anda share di Facebook?
---
Silakan dilacak:
+ http://edition.cnn.com/2011/09/06/living/teachers-want-to-tell-parents/index.html
+ Facebook Media, "Most Shared Articles on Facebook in 2011",
http://www.facebook.com/note.php?note_id=283221585046671

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda bisa berkomentar tanpa perlu login.

 
Day Milovich (c) 2013. Diberdayakan oleh Blogger.