Sabtu, November 05, 2011

Tren Search Engine: Peta Visual Terkini

Penulis Day Milovich | Sabtu, November 05, 2011 | 08.40.00 |



Tren Search Engine: Peta Visual Terkini

Google map dan jejaring sosial sudah membentuk trend pencarian di internet. Sudah saatnya membuat ensiklopedi visual tentang apa yang "sedang" terjadi pada teman Anda.

"Belum disebut komputer jika belum terhubung dengan komputer lain," kata Linux[er]. Facebook dibuat atas pertanyaan singkat, "Apa yang sedang Anda pikirkan?". Twitter bertanya, "Apa yang sedang Anda lakukan?". Mesin dan peralatan (device) yang terhubung itu telah membentuk jejaring sosial. Terjadilah redefinisi baru atas pengalaman, kata, dan komunikasi.
Orang mencari "apa saja" dari Google, mendownload informasi, dan memasuki lingkaran kesadaran-diri yang sangat besar, sekaligus tidak bisa dihapus, bernama internet. Cloud!
---
Mencari Relevansi dan Aktualitas
Google telah menggeser pula pengertian "mencari", tidak lagi sebatas kata. Sebab kebutuhan semua orang, kelak tidak lagi mencari "teks" untuk dipinjam dan dibawa pulang seperti buku Balai Pustaka tempo dulu. Mereka butuh mengerti, apa yang "sedang" terjadi pada temanku, sedang ada event apa di kota ini, dan seterusnya.
Searching harus bisa diakses "sekarang", tentang "teman saya", dan "bergambar". Streaming Google plus, tweet di Twitter, dan update status di Facebook, disukai karena aktualitas dan mobile. Tanpa detail dan aktualitas, pencarian hanya akan mengulang apa yang terekam.
Para pemakai Google yang hanya sebatas download makalah dan ebook, hanya akan sebatas mengarsipkan-ulang apa yang telah berlalu. Masih kalah dengan televisi. Logika search engine dan jejaring sosial, tidak lagi sederhana seperti itu.
Kita terhubung, bukan untuk saling rampas dan saling sedot. Dunia berubah setiap hari.
Google memperkenalkan Google Map, product yang bisa menampilkan peta dunia dan rumah tetangga Anda, untuk diintegrasikan dengan mencari "apa saja". Berita baiknya, Anda bisa menggunakan Google Map untuk memetakan apa yang sedang terjadi. Itu artinya, orang boleh menandai tempat dengan kejadian, artikel, foto di peta itu. Berita buruknya, tidak semua orang ingin dan tidak semua orang bisa mewujudkan gagasan ini.
---
Seperti Apa Peta Itu?
Anda bisa menjadikannya wikipedia visual, enskilopedi bergambar, tentang apa yang sedang terjadi. Memadukan fungsi search engine, pengarsipan, dan aktualitas jejaring sosial. Nikmati sebuah peta, yang bisa menyajikan titik-titik merah, jika di-klik akan menampilkan informasi seputar tempat itu. Ensiklopedi yang terus berkembang setiap hari. Comment yang semakin panjang. Semuanya memasuki jejaring informasi dan membentuk bangunan pengetahuan bersama.
---
Visi > Conception > Application
Mengubah visi menjadi konsep tidak cukup, harus berlanjut menjadi aplikasi yang bisa diterapkan dan dilanjutkan penerus. Itu prinsip yang sangat simple, namun pada kenyataannya, mimpi sering terjebak oleh faktor teknis.
Semalam, kawan-kawan heritage society mencari cara untuk mengarsipkan temuan-temuan bersejarah namun melibatkan pengetahuan semua orang. Ternyata, kami harus membuat website. Content website berupa 3 (tiga) hal utama: ensiklopedi visual yang memadukan jejaring sosial dan google map, blog yang berisi artikel, dan sebuah forum.
Saya tidak berbicara tentang tutorial pembuatannya, yang jelas saya bisa membuatnya dan ada koleksi sample product yang lebih banyak. Saya hanya membuatkan sebuah rumah, tempat kawan-kawan yang masih peduli dengan jejaring sosial dan search engine, tentang peta visual yang digabungkan dengan informasi artikel. Anda tertarik membuatnya?
Dari peta seperti ini, semua orang bisa terlibat untuk mengubah pengetahuan dan me-redefinisi sejarah, laut dan batu terpendam akan lebih dikenal, Angelina Jolie bisa bertemu dengan para korban banjir, dan masih banyak lagi kemungkinannya.
Apa yang sedang Anda pikirkan (tentang peta seperti ini)? Apa yang sedang Anda lakukan di kabupaten Anda?
---
Demo Peta:
http://ollihost.zymichost.com//preview/
Jika tertarik, saya bisa membuatnya untuk Anda. :))
Day 3:10 PM 9/9/2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda bisa berkomentar tanpa perlu login.

 
Day Milovich (c) 2013. Diberdayakan oleh Blogger.