Sabtu, November 05, 2011

Strategi Pemasaran Apple Menjual User Interface

Penulis Day Milovich | Sabtu, November 05, 2011 | 05.45.00 |



Strategi Pemasaran Apple Menjual User Interface
---
Apple memiliki konsep unik agar para pelanggan menyukai produknya. Mengandalkan user interface dan setiap produk memiliki kepribadian tersendiri. Mulai dari komputer desktop, Apple sudah memakai teknologi desktop dan window multitasking. Belakangan kemudian, ketika microsoft windows mempopulerkan teknologi "Windows" itu dengan aplikasi yang mengandalkan kecepatan processor, Apple tidak bergeming.

Orang tidak terlalu merepotkan kecepatan, yang terpenting adalah berkurangnya masalah di komputer (seperti virus, upgrade hardware, dan pernik-pernik tampilan yang tidak penting) serta piranti yang bisa mewakili kepribadian seseorang.

Pemakaian computer Apple macintosh di dunia desain, sudah lama diakui sebelum konsep wysiwyg (what you see is what you get) disosialisasikan microsoft. Apple semakin memiliki penggemar fanatik. Pemakai Apple rela menginstall patch sebesar 500 Mb karena tidak ingin beralih product. Mereka memilih player yang bisa diperlakukan sebagai aksesoris, memilih vga resolusi tinggi, touch screen dan jQuery slider, karena fitur itu lebih pas untuk kepribadian dinamis, daripada mengandalkan fitur kecanggihan, terlalu cepat berganti dari produk lain, yang tidak semuanya terlalu dibutuhkan. Apple berpijak pada keinginan klasik untuk menciptakan hubungan "egois" antara manusia dengan alat, bukan meminta manusia mengagumi alat yang datang dan pergi dari kehidupannya. Itu sebabnya, Apple lebih berhasil memperoleh penggemar fanatik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda bisa berkomentar tanpa perlu login.

 
Day Milovich (c) 2013. Diberdayakan oleh Blogger.