Sabtu, November 05, 2011

Seseorang yang tidak Terlihat Menari

Penulis Day Milovich | Sabtu, November 05, 2011 | 08.57.00 |



Seseorang yang tidak Terlihat Menari

Dalam sebuah sama', musik yang indah terdengar. orang-orang perlahan bangkit, melingkar, dan menari. Mereka menikmati alunan musik dan suara yang menyayat, menjembatani hati kepada langit spiritual. Ada satu orang yang tidak ikut berdiri memasuki lingkaran tarian.
Kawannya membujuk, mengulurkan tangannya, "Marilah masuk dalam jamuan ini. menyatu di antara kami. Langit telah memperdengarkan suara indahnya melalui musik ini. mengapa kamu tidak menari, Saudaraku?"
Orang itu tersenyum, lantas mengutip sebuah ayat dalam al-Qur'an, demikian artinya:

"Dan kamu lihat gunung-gunung itu,
kamu sangka dia tetap di tempatnya,
padahal ia berjalan sebagai jalannya awan.
[begitulah] perbuatan Allah
yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu;
sesungguhnya Allah Maha Mengetahui
apa yang kamu kerjakan." *)

Sebagian orang menampakkan kegembiraan dan memperlihatkan rasa cintanya kepada sang kekasih, sehingga orang-orang bisa melihat perbuatan lahirnya. Semua perbuatan lahir, belum tentu sejalan dengan batin. Apa yang tampak adalah ungkapan, bentuk, penyampaian, yang bisa berbeda, menjadi seribu gerakan. Sebagian yang lain, seperti tidak melakukan apa-apa, namun sebenarnya dia sedang aktif. berputar dan menari, menjalankan cinta rahasia dengan Kekasihnya.
---
*) terjemah dari surah al-Naml (27) ayat 88 tentang gerakan alam semesta dan gerakan substantif qalbu manusia. Silakan cek teks aslinya di Quran.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda bisa berkomentar tanpa perlu login.

 
Day Milovich (c) 2013. Diberdayakan oleh Blogger.