Minggu, Oktober 09, 2011

Jejaring Sosial untuk Mengukur Kecerdasan

Penulis Day Milovich | Minggu, Oktober 09, 2011 | 14.07.00 |

Bisakah jejaring sosial digunakan untuk mengukur kecerdasan seseorang?

Prior Quotes

"Saya tidak gagal. Saya hanya menemukan 999 cara yang salah."
[Thomas Alfa Edison]
"Setiap diktator memiliki kuli intelektualnya sendiri."
[Soedjatmoko]
"Kesadaran semua orang kelak akan menuju satu titik, yaitu titik Omega."
[Teilhard de Chardin]

Abstract
Setiap menginstall software di laptop seorang teman, saya selalu terkejut ketika melihat adanya persamaan file data: film, software master, ebook, file-file makalah, musik, dan gambar. Kalau dikumpulkan 10 laptop, mungkin irisan (persamaan) yang terjadi, minus operating system-nya, akan mencapai lebih dari 50%.
Temuan ini bagi saya cukup mengejutkan. Mau dimulai dari mana? Silakan periksa hardisk (atau flashdisk Anda) dan jawab pertanyaan ini: Apa koleksi film dan video youtube Anda? dari mana Anda mendapatkan ebook dan musik? Mungkin jawaban terbanyak adalah: "dari teman sebelah".
Kalau seandainya jawabannya "dari Google" (atau internet), tentu analisisnya lebih mengerikan lagi: "persamaan selera dan pola pikir". Itu artinya, ... Anda bisa lanjutkan sendiri seperti apa konsekuensi dari persamaan selera dan pola pikir ini. Tontonan sama, apa yang didengar sama, bacaan ebook sama, dst. Bisa dibayangkan, bagaimana product pemikiran yang akan dihasilkan dari kesamaan pola pikir. Saya tidak berhenti sampai di sini. Saya berusaha melacak, bagaimana kebiasaan kawan-kawan di internet.

Questions
Mungkin ini pertanyaan yang tidak terlalu berguna namun selalu saya tanyakan: website macam apa yang menurutmu sangat kamu impikan tetapi belum pernah kamu temukan? Bagaimana caramu berkomunikasi dengan kawan-kawan di internet? Saya ingin mengerti, apakah kapabilitas (kecakapan) seseorang itu sejalan dengan metode yang dia jalankan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman di jejaring sosial? Saya mencoba mengukurnya dengan indikator yang sangat gampang. Bagaimana cara anda mengelola informasi, misalnya pemberitaan media atau suatu subject yang menjadi perhatian anda? Bagaimana cara Anda memperbanyak koleksi ebook? Bagaimana cara Anda berdiskusi dengan kawan-kawan Anda?

Catatan
*) Banyak orang yang secara tidak sadar mengkonsumsi "informasi" (dan dianggapnya ini sebagai "ilmu") namun pelan-pelan mereka memiliki pola pikir dan selera yang sama dengan orang lain. Banyak orang pintar tetapi tidak pintar berbagi dan berkomunikasi di internet. Banyak orang pintar yang membangun perpustakaannya sendiri tetapi sebagai entitas yang terpisah, tidak terhubung dengan orang-orang yang memiliki minat atas suatu subject yang sama.
Any questions? No. Not yet.

Day Milovich,,
http://facebook.com/daymilovich

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda bisa berkomentar tanpa perlu login.

 
Day Milovich (c) 2013. Diberdayakan oleh Blogger.