Sabtu, Juli 23, 2011

Nothing for Me is Original

Penulis Day Milovich | Sabtu, Juli 23, 2011 | 12.55.00 |


"nothing of me is original. i am the combined effort of everybody i've ever known" *)
[chuck palahniuk, in "invisible monsters"]
*) "tak satupun dari diriku yang asli. aku adalah hasil karya gabungan dari semua orang yang pernah aku ketahui."
---
Banyak orang belajar dari pengalaman, ingin menjadi dirinya sendiri, hanya agar menjadi orisinal dan berbeda dari orang lain. Ternyata, dia tidak menemukan dirinya sendiri. dia justru berjalan amat jauh, Sepanjang jalan hanya ketemu sebagian dirinya pada diri orang lain. Orang lain seperti potongan-potongan tubuhnya yang setengah dikenali. Sepanjang jalan dia bergumam, "Aku suka Agnez, dia beda." atau "Aku ingin menentukan aturan untuk tubuhku sendiri". Ternyata sudah ada Lady Gaga, Bjork, dan orang-orang yang menetapkan kebudayaan melalui tubuhnya. Dan di ujung jalan pencariannya,, dia hanya menemukan copy-an dari dirinya sendiri. Di manakah diri yang utuh itu? Di manakah originalitas itu? Tidak ada kemenentuan. Adanya janji tentang kebebasan. fiksi dari buku. Khayalan tentang indahnya pengalaman.
Di seberang jalan lain, ada seseorang yang diberi bekal sejak lahir: kau harus berkiblat pada diri yang "seperti ini". Apapun tidak dia toleh, dia seperti mencari jejaknya yang hilang di masa lalu. Ketemu perempuan bertindik di hidung, dia lewati. Ketemu yang tertulis sebagai dosa, dia abaikan. ketemu yang tidak diatur, dia tak pungut apapun. Sepanjang jalan dia bergumam, "bagaimana sesungguhnya -diri- itu? Bagaimana aku bisa menemukannya?". Semua pencariannya, hanyalah pemetaan. Korespondensi satu-satu dari setiap kalimat yang ada di pikirannya sendiri. Dunia begitu sempitnya. Padahal ada laut, ada langit. Sepanjang jalan dia tersenyum, namun batinnya menjerit. Tidak ada kebebasan. Adanya janji tentang surga. fiksi dari langit.
Sayangnya,, kedua orang yang berjalan itu tidak bertemu.
---
for my friend's *) birthday,,
"being is becoming. becoming is nothing, since love has no conditions. except everlasting journey into reality: happy birthday!". *) i will not mention your name. :)) thanks for everything, ya akhi.
---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda bisa berkomentar tanpa perlu login.

 
Day Milovich (c) 2013. Diberdayakan oleh Blogger.