Sabtu, Juli 23, 2011

Cegah Hack Facebook Account dari Metode 3 Teman

Penulis Day Milovich | Sabtu, Juli 23, 2011 | 12.18.00 |


Security facebook yang terbaru, sungguh mengkhawatirkan. account bisa dibajak dengan mudah. jika Anda sayang dengan akun facebook Anda, silakan baca artikel ini, tentang metode pembajakan account facebook terbaru, agar Anda bisa mengamankan account sendiri.

Cara Lama Membajak Account Facebook
ada banyak cara untuk mengambil alih account facebook orang lain. biasanya para hacker menyarankan pemakaian metode-metode berikut ini:

1. Memasang Keylogger
Keylogger adalah software untuk merekam apapun yang anda ketikkan dengan keyboard. jenisnya sangat banyak. dalam beberapa kasus, keylogger sulit melewati antivirus terbaru dan bisa diakali dengan pemakaian on-screen keyboard.
2. Anonymous Mailer
Mengirimkan email yang meyakinkan agar calon korban mengirimkan username dan password. dalihnya mengganti password namun sebenarnya mengirimkan password. sayangnya,, masih jarang pemakai facebook yang rutin membuka inbox email, lebih jarang lagi yang menggunakan email sebagai sarana komunikasi dalam bekerja. Anda bisa menghindari penipuan password facebook yang dikirimkan dari Yahoo!Messenger.
3. Phising
Membuat tampilan dan form (formulir isian) palsu layaknya tampilan facebook. Ini bisa berupa aplikasi facebook, situs palsu, shortlink jahat, ataupun bagian dari website yang benar-benar seperti berasal dari facebook. sayangnya, google dan facebook gencar memerangi aktivitas phising. Semacam dosa digital yang tidak termaafkan. Sampai sekarang masih diandalkan dan hasilnya lumayan.
4. Hacking dalam Jaringan
bisa menggunakan Firesheep, Metasploit, dll. Selain caranya harus pintar, pekerjaan ini harus menimbang banyak faktor. masih kurang efisien dan belum bisa disebut memilih target. hacking yang efektif dan ganas, harus bisa menyerang target di luar kotak (out of box), semacam memilih "siapa" yang mau di hack (boleh sembarang orang) dan harus berani menjamin keberhasilannya. Untuk keamanan facebook yang selalu diperbarui, ini tidaklah mudah.
Anda bisa amankan Facebook dari hacker dengan pengaturan akun.

Metode Baru: Bahaya Berasal dari Facebook Sendiri
Melihat policy (kebijakan) keamanan facebook yang terakhir,, rasanya, meng-hack account facebook menjadi tidak sesulit yang anda bayangkan. Tanpa software juga bisa. Itulah sebabnya,, saya menuliskan artikel ini sebagai peringatan kepada kawan-kawan saya, untuk disebarluaskan oleh para pengintip artikel ini. Tujuan saya sangat sederhana: agar anda waspada dan account facebook Anda aman.

Konsep Keamanan Facebook Terbaru
*) Kalau seseorang lupa password dan email sudah tidak bisa difungsikan untuk melakukan recovery, facebook berbaik hati dengan mengizinkan proses recovery password dengan cara memberikan code kepada 3 orang teman yang sudah berteman selama minimal 1 minggu. Code itu akan dimasukkan bersama dan diberikan ke email baru. sepintas, meminta 3 teman terdekat untuk me-recover password anda bersama-sama, adalah proses yang aman. namun tidak demikian yang terjadi di Indonesia. Satu orang pemakai facebook di Indonesia, rata-rata memiliki 2 sampai 3 akun.

Proses Pengambil-alihan Account Facebook
1. si Jahat memastikan sudah berteman dengan si korban selama lebih dari 1 minggu. si Jahat memiliki 3 account yang ditanam secara meyakinkan, "hai mas, ini akunku yang satu. biasanya aku pakai kalau pas di kantor. akun yang kemarin tetap masih ada, buat jaga-jaga." dan seterusnya.
2. si Jahat membuka Mozilla Firefox, Masuk situs facebook, kemudian meng-klik link "Lupa Password" (atau "Forget Password"). Dia mulai berperan sebagai si pemilik akun, Pura-pura "lupa password", lantas mengisikan nama, username, dan memastikan bahwa foto yang ditunjukkan facebook adalah dia.
3. Setelah itu, dia pilih "No longer have access to these". Facebook akan bertanya, email mana yang bisa dihubungi. tentu si jahat telah menyiapkan account email yang belum dia pakai untuk mendaftar facebook, sebagai media komunikasi dengan facebook.
4. Facebook kemudian akan memberikan pertanyaan. apakah pertanyaan ini harus dijawab si jahat? Tentu tidak. Si Jahat akan menjawab dengan ngawur sampai mencapai kesalahan 3 kali. Facebook lantas mengarahkan dia ke "Recover your account through friends". Memulihkan akun melalui bantuan teman.
5. Si Jahat yang masih berperan sebagai pemilik account yang mau dibajak, akan memilih 3 orang teman. tidak semua orang langsung diperlihatkan oleh facebook. Biasanya berdasarkan pengelompokkan. Di sinilah kuncinya. ingat, teman yang akan dipilih adalah temannya si pemilik akun yang asli, bukan temannya Si Jahat. Siapa yang akan dia pilih? Tentu saja 3 akun dia yang sudah seminggu lebih berada di akun korban.
Dengan menguasai 3 account yang sudah menjadi teman si korban lebih dari seminggu, hal ini mudah dilakukan. teknik ini cocok dilakukan untuk calon korban yang jarang membuka email, atau bahkan sudah lupa password emailnya. dan cara ini tidak akan dilarang oleh antivirus manapun, bisa dilakukan dari komputer manapun. sangat berbahaya.

Pencegahan
1. Jangan pernah menambahkan identitas ganda di akun Anda. Kalau ada 1 orang teman memakai 2-3 akun Anda tambahkan sebagai teman, bersiaplah menerima kemungkinan. Akun Anda mungkin aman dan teman Anda baik hati (tidak jahat) tetapi apakah akun/komputer dia aman?
2. Hapus selalu tag foto yang sudah Anda buat. Harap diingat: untuk pemulihan account, facebook mengganti "captcha" dengan pemeriksaan foto. Apakah Anda tag/tandai foto selalu sesuai dengan "wajah" orang yang Anda tag? Saya jamin: belum tentu. Bisa jadi foto yang Anda buat bukanlah wajah, melainkan sebuah mobil. Bisakah Anda mengingat seluruh posisi tanda yang ada di foto-foto yang telah Anda buat? Saya jamin: belum tentu. :))
---
Welcome to Facebook!
---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda bisa berkomentar tanpa perlu login.

 
Day Milovich (c) 2013. Diberdayakan oleh Blogger.