Kamis, Mei 05, 2011

Membuat Daftar email Pemakai Facebook dengan Google

Penulis Day Milovich | Kamis, Mei 05, 2011 | 12.02.00 |

Daftar email valid selalu dibutuhkan siapa saja. Daftar ini bisa dipakai untuk kepentingan: menawarkan product (marketing), mengundang orang lain untuk menjadi member di halaman komunitas facebook, menjadi pengunjung website Anda, dan juga untuk mengirimkan spam. Terlepas dari apapun kepentingan yang melatarbelakangi, berikut ini akan saya sampaikan cara mendapatkan daftar email valid, langsung dari Google.

Cara Mendapatan Daftar Email Valid

1. Download
Banyak situs underground di internet yang menyediakan database email. Tidak semuanya sesuai dengan target pasar. Misalnya, Anda ingin menyebarkan katalog product furniture, tentu tidak bisa ke sembarang orang. Lebih efisien jika penawaran itu Anda sampaikan kepada calon client yang potensial. Saya sudah dapatkan database email dari situs gawker. Besarnya database Gawker mencapai 400 Mb lebih. Ada juga daftar email aktif yang terpakai di facebook (berikut URL profile-nya) sampai 125 Mb. Dan masih banyak lagi.
Jika Anda mempelajari hacking, pasti mengerti bagaimana cara download database email. Hacking masih menjadi cara paling efisien untuk mendownload database email di suatu website.

2. Software
Software web email extractor juga bisa melakukan proses extract. Intinya,, dia membuka sebuah website kemudian melakukan grab (meraup) content web itu dan mengambil email yang ada di sana, sebanyak mungkin.
Itulah sebabnya, sering kita jumpai tawaran di internet untuk memproteksi email Anda dari spam dan robot. Intinya, kalau dia melihat ada "@" dia akan anggap itu email. Sering pula Anda jumpai orang memilih menuliskan (misalnya) "thedayiscoming@yahoo.com" sebagai "thedayiscoming [at] yahoo.com". Agar terhindar dari spam.
Proses meng-extract ini butuh waktu lama. Selain itu, hanya dengan teknik sederhana, software semacam ini bisa digagalkan, hanya dengan pengaturan .htaccess, robots.txt, pengaturan di header website, dan script semacam email riddler. Selain tidak efisien, cara ini tidak dijamin.

3. Extract dari Google
Mengextract email dari Google? Mengapa tidak. Google bisa menyajikan info terkini, bisa juga dibatasi pencariannya hanya pada website tertentu. Bayangkan, betapa banyak pemakai facebook Indonesia yang belum menyembunyikan email mereka. Lebih banyak pula yang belum bisa menyembunyikan email mereka saat chatting dengan Yahoo!Messenger dan Google Buzz. Padahal, sebenarnya ID (yang secara default disamakan dengan email) itu bisa disembunyikan.
Singkatnya, masih banyak pemakai yang belum mengerti caranya mengamankan email mereka dari publik. Seharusnya, email itu tidak sembarangan diberikan kepada orang lain.

Cobalah Anda kunjungi facebook, masuki group-group yang berisi orang-orang clubbing. Mereka sibuk menawarkan diri "add aku ya?", Anda bisa kirimkan ini dan itu ke email saya. Dia sebutkan (dalam plain text) email-nya. Ada juga komunitas yang mencantumkan daftar email dan nomor telepon para alumni organisasi tertentu. Sangat banyak.
Mana yang Anda pilih: mencari calon client/member yang spesifik, ataukah asal-asalan. Saya lebih memilih menggunakan Google untuk mencari target yang spesifik. Tidak ribet, bisa dilakukan secara manual, dan hasilnya lebih mantap. Atau masuki facebook, banyak client menunggu Anda di sana. Alangkah mudahnya.

Piranti yang Dibutuhkan
Anda hanya perlu Google dan Microsoft Word. Google digunakan untuk mendapatkan email, Microsoft Word digunakan untuk merapikan teks copyan dari Google agar hanya menyajikan email valid. Yang terakhir, tentu saja Microsoft Excel untuk menyortir data berdasarkan abjad dan menghindari adanya email yang sama. Ready?

Tahapan yang akan Dijalankan
Part #1 Mencari email dari Google
Part #2 Mengekstrak teks hasil pencarian dari Google dengan Microsoft Word
Part #3 Menyortir daftar email agar urut abjad (in alphabetical order) dan tanpa kesamaan dengan Microsoft Excel
Step #4 Mengatur Settings Contact di Gmail
---


Step #1 Mencari email dari Google
Sekarang contoh kasusnya, Anda akan mencari daftar 1000 orang pemakai facebook dari jakarta dengan Google. Berarti, situs yang akan dibatasi dalam pencarian adalah facebook.com, keyword yang akan dimasukkan adalah "indonesia".
1. Buka google, ketikkan query berikut:

jakarta "@gmail.com" site:facebook.com


Setelah itu klik search. tada! Hasilnya semrawut, kan? Tidak masalah.

Step #2 Mengekstrak teks hasil pencarian dari Google dengan Microsoft Word

2. Pilih semua teks hasil pencarian tadi, lalu pindahkan ke Notepad. Sebanyak mungkin.
3. Copy paste teks dari Notepad yang sudah terkumpul tadi, ke Microsoft Word.
4, Berikutnya, Anda gunakan record macro dan tandai pemakaian shortcut yang gampang, misalnya: Alt+1

Sebagai "petunjuk", begini cara manual untuk memilih hanya teks email:
+ cari (find) : (semicolon, titik dua) > ganti ": " (ada spasi)
+ semuanya. replace all. karena di hasil pencarian ada teks :blablabla***@gmail.com (tujuan langkah ini adalah memisahkan email. makanya, sebelum dan sesudah email harus ada spasinya.
+ ctrl+f > "@gmail.com" > tekan panah kiri satu kali >
+ ctrl+f > " " (spasi) dengan option "up" (ke atas, sebelumnya)
+ terus tekan enter > ctrl+f > "@gmail.com" > panah kanan
+ tekan enter lagi > shift+PanahAtas > ctrl+d > font: red

Perintah di atas Anda rekam dengan macro. Assign dengan tombol keyboard (misalnya Alt+1)
Anda bisa download macro yang sudah saya upload di Google site.
Setelah dijalankan,, sekarang teks email menjadi berwarna merah. Lainnya hitam.
Berikutnya adalah "menghapus" semua font yang berwarna "Auto/Hitam" sehingga hanya tinggal teks merah. Caranya dengan fasilitas Edit Find/Replace (Ctrl+h)
Setelah semua email terkumpul, berikutnya adalah menyortir daftar email agar tidak ada email yang sama dan diurutkan secara alfabet. Tugas ini akan diselesaikan dengan microsoft excel.
5. Masih di Microsoft Word > tekan Ctrl+a > klik kanan > Copy

Part #3 Menyortir daftar email agar urut abjad (in alphabetical order) dan tanpa kesamaan dengan Microsoft Excel

6. Buka Microsoft Excel 2007/2010
7. Klik di cell A3 (terserah)
8. Tekan Ctrl+v > selanjutnya,, jangan tekan apapun!
9. klik menu "Data" > pilih "Advanced" > OK
10. Pilih/aktifkan tanda "unique record only" > OK

Tada! Sekarang hanya ada email unik (tidak ada kesamaan email).
Sebenarnya Anda tidak perlu mengurutkan secara abjad, karena nanti bisa diurutkan sendiri oleh Gmail.

Step #4 Mengatur Settings Contact di Gmail
11. Copy-paste ke Notepad > Edit > Select all > Copy
12. Sekarang, beri nama, misalnya: daftar-email-valid-1.txt
13. Buka Gmail
14. Pastikan anda berada di tampilan Gmail standard (bukan Basic HTML)
Kalau di kiri ada menu Contacts, berarti setting Anda standard.
Kalau belum standard, silakan lihat baris paling bawah kemudian pilih View > Standard
15. Klik Mail > Contacts
16. Buat group baru, misalnya bernama "Invite"
17. New group > ketik: Invite > OK
18. Add to My Contacts > Paste (Ctrl+v) daftar email tadi > klik Add
Hasilnya cukup menarik, kan?
19. Centang semua > Groups > arahkan ke Invite. sekarang, group Invite sudah punya banyak daftar email. :)

Nikmati hasilnya.
Anda bisa mengatur ulang query di Google untuk mencari email berakhiran @gmail.com, @yahoo.com, @yahoo.co.id, @ymail.com, @rocketmail.com semuanya bisa. Mainkan imajinasi Anda. :)
Dengan cara yang hampir sama, saat daftar contact email itu saya upload ke Contact Yahoo,, hasilnya cukup menyenangkan. Anda bisa memantau update orang-orang yang memakai email Yahoo! Bahkan tidak jarang langsung bisa chat dengan mereka. :)) Jangan lupa untuk mengganti nickname Anda di chat,, agar orang tidak tahu email yahoo yang sedang Anda gunakan. Semuanya soal permainan logika. imajinasikan sebuah tujuan, uraikan menjadi jalan, cari caranya, jangan pernah menyerah. Amankan selalu email dan website Anda dari jangkauan Google. :))
Bagi yang ingin database email para pemakai Gawker.com (400 Mb) dan daftar email pemakai facebook beserta URL profile mereka (125 Mb) saya bersedia negosiasi, asalkan serius. Facebook masih menjadi media paling baik untuk melakukan pemasaran Anda.

2 komentar:

  1. cara menghilangkan text yang berwarna hitam sya blm jelas mas, mohon petunjuk

    BalasHapus

Anda bisa berkomentar tanpa perlu login.

 
Day Milovich (c) 2013. Diberdayakan oleh Blogger.