Kamis, Desember 30, 2010

Daftar Paling Berbahaya di Tahun 2010 Seputar Security, Trojan, dan Virus

Penulis Day Milovich | Kamis, Desember 30, 2010 | 00.03.00 |

TrendLabs merilis daftar paling berbahaya di tahun 2010 seputar security, trojan, dan virus. Berikut ini daftar dan penjelasan singkat, yang bisa Anda simak:
Hardware paling beresiko: German identification card reader. Hardware ini berisi informasi data sidik jari dan data lain yang sangat rahasia, berbahaya jika jatuh ke tangan orang lain.
Software Website paling berbahaya: WordPress, karena paling sering di-custom para kriminal cyber untuk redirection, serangan malware, dan skema yang berkaitan dengan black-hat SEO.
Internet Protocol paling berbahaya: Internet Relay Chat (IRC). 30% dari seluruh botnet di IRC berkomunikasi dengan mesin terinfeksi dan server C&C (command and control).
Operating System: Apple’s Mac OS X. Apple di pertengahan Juni telah melakukan perbaikan keamanan, kemudian di bulan November mengirimkan update untuk maintenance kepada seluruh user-nya dengan ukuran tidak kurang dari 644,48 Mb.
Website paling berbahaya: Google. Website Google telah menjadi senjata ampuh dari para hacker dan skema blackhat SEO, sehingga Google menjadi ajang penyebaran malvertisements (iklan berisi malware).
Social Network paling berbahaya tentu saja dipegang oleh Facebook yang menjadi ajang penyebaran malware paling masif dan terkait isu privacy, pencurian password email, dll.
Top-Level Domain paling berbahaya adalah dot co dot cc (.co.cc) yang mengijinkan kriminal cyber untuk me-register ribuan domain dengan sistem verifikasi paling lunak.
File Format paling riskan tahun 2010 adalah .PDF (portable document format) karena secara rutin menjadi piranti exploit dan sering terdapat vulnerability.
Runtime Environment yang paling berbahaya adalah Internet Explorer (IE) dengan kondisi "scripting enabled".
Infection Channel paling berbahaya tetaplah pada browser karena browser yang paling sering dipakai untuk berkomunikasi dari mesin ke publik. Dua pertiga vektor infeksi, asal dari segala infeksi, terjadi dari browser.

Day Milovich,,
http://facebook.com/daymilovich
http://daymilovich.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda bisa berkomentar tanpa perlu login.

 
Day Milovich (c) 2013. Diberdayakan oleh Blogger.