Kamis, November 18, 2010

Membaca Arsip Chat Yahoo Messenger Walaupun Bukan dari Account Anda

Penulis Day Milovich | Kamis, November 18, 2010 | 22.34.00 |

Manakah yang lebih menyenangkan bagi Anda: membiarkan chat Yahoo!Messenger tidak merekam hasil chat, ataukah selalu merekam hasil chat Anda?
Jika Anda sendiri tidak pernah mengijinkan orang lain untuk memakai komputer yang sekarang sedang Anda pakai, hal ini mungkin tidak masalah. Namun, isu keamanan muncul, jika sempat ada orang lain yang boleh menggunakan komputer Anda untuk chat.
Kalau sekarang Yahoo!Messenger Anda menggunakan setting "merekam chat", maka, siapapun yang memakai komputer Anda, dapat mengintip hasil chat sebelumnya. Tanpa software. Bayangkan jika ini terjadi. :(
Saya akan tunjukkan caranya membaca hasil chat Yahoo! Messenger dari satu komputer ke komputer lain walaupun itu bukan account Anda. Tentu saja akan saya sampaikan bagaimana cara mengamankannya. :))

Membaca Arsip Chat Yahoo Messenger Walaupun Bukan dari Account Anda
1. Buka folder C:\Program Files\Yahoo!\Messenger\Profiles
Jika YM yang sekarang dipakai ini "pernah" digunakan oleh beberapa account, maka di situ ada nama-nama account. Misalnya,, di folder tadi terdapat folder "dmylovex" artinya begini:
- ada orang yang login dengan nama "dmylovex" atau biasanya, emailnya "dmylovex@yahoo.com"
- karena "dmylovex" punya beberapa teman, maka jika kita klik folder tersebut,, akan muncul "semua" arsip chat-nya account "dmylovex".
Sampai di sini, Anda bisa melihat file-file berformat .dat yang TIDAK BISA dibaca dengan notepad, tidak bisa pula dibaca DARI account YM Anda. :((
2. klik dua kali di folder yang ingin di-copy. dalam contoh ini, yang akan kita copy adalah folder "/dmylovex". Bisa jadi,, ada lebih dari satu email yahoo yang pernah menggunakan Yahoo Messenger di komputer ini.
3. COPY folder yang berisi nama-nama di dalam account yang ingin Anda buka. Ingat, yang harus Anda copy adalah SUB-FOLDER dari folder "dmylovex".
4. Simpan di tempat yang aman (flashdisk).
5. Sekarang silakan buka komputer lain, misalnya Anda buka komputer Anda sendiri yang sudah terinstall Yahoo!Messenger. Bukalah folder arsip Yahoo!Messenger seperti yang tertulis di langkah nomor 1.
6. Buka folder C:\Program Files\Yahoo!\Messenger\Profiles kemudian pilih nama folder yang merupakan account Anda sendiri. Masukkan hasil copy-an Anda dari komputer lain tadi ke dalam folder account Anda.
5. Buka Yahoo Messenger > login dengan username dan password Anda
6. Buka arsip chat,, dan lihatlah hasilnya. Anda bisa simpan, baca-baca, atau apa saja dengan arsip chat itu.
Sungguh berbahaya, bukan? Sampai sekarang, Yahoo belum bisa melakukan "enkripsi" agar pesan itu tidak bisa dibuka di komputer lain.

Pencegahan
Satu-satunya pencegahan yang bisa dilakukan adalah: "jangan ijinkan orang lain membuka Yahoo Messenger di komputer Anda jika Anda masih menyimpan arsip chat".
Mungkin Anda akan melakukan peningkatan enkripsi dari Windows XP. Memang, Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7 bisa melakukan pengaturan agar sebuah folder atau file yang sudah ditandai "encrypted" tidak bisa dibuka di komputer lain. Namun, Anda masih bisa membuka file yang terenkripsi ini di komputer lain, tanpa software, dalam hitungan detik. Itu sangat mudah. Saya telah menuliskan artikel "Menghadapi "Access Denied!" dan Bagaimana Mengubah Access Permission pada Encrypted Folder di System Windows XP SP 2" tentang menembus enkripsi folder ini. :))
Sekarang bayangkan, jika Anda menggunakan fasilitas warnet, atau komputer kantor, di mana "orang lain" boleh menggunakan aplikasi Yahoo Messenger dan menjalankan cara-cara di atas. Betapa berbahaya.
Berita baiknya bagi para hacker, sekarang ini Yahoo Messenger versi 11.0 Beta, sudah semakin terintegrasi dengan facebook dan twitter. Anda bisa update status facebook dan melakukan chat dengan kawan-kawan facebook LANGSUNG dari Yahoo! Messenger. Itu artinya, bahaya bisa semakin bertambah.

Download:
Yahoo!Messenger versi 11.0 Beta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda bisa berkomentar tanpa perlu login.

 
Day Milovich (c) 2013. Diberdayakan oleh Blogger.