Kamis, Oktober 28, 2010

Register Account - Mulai Segalanya dengan Gmail dan Yahoo

Penulis Day Milovich | Kamis, Oktober 28, 2010 | 01.18.00 |



Langkah awal sebelum membuat website dengan wordpress adalah menyiapkan account,, awali dengan Gmail dan Yahoo! yang selalu dipakai untuk registrasi online di internet.

Register Account yang harus Anda lakukan sebelum memulai membuat website:

1. Membuat account email di Gmail. Waktu yang dibutuhkan tidak lebih dari 15 menit. Account gmail adalah jalan pembuka yang bisa Anda gunakan untuk registrasi sebelum membuat Wordpress, Facebook, Youtube dan yang terpenting adalah mengakses “semua” layanan yang disediakan Google, seperti: search engine Google (pasti Anda pernah pakai), iGoogle (customize dari Google), Google Analytics (statistik website), FeedBurner (untuk RSS), LinkedIn (info profile Anda), lokator ajaib bernama Google Maps, GoogleBuzz (untuk chat), Google Code yang berisi ribuan code pemrograman, serta aplikasi e-commerce dari Google yang memungkinkan Anda bisa membuat online shop (toko online) dari layanan Google. Masih banyak lainnya, Google masih terus memperbaiki layanannya. Buku ini akan menjelaskan cara memanfaatkan layanan Google untuk mengoptimalkan fungsi website Anda. Apapun itu. Membuat gmail itu tidaklah sulit, dan sudah banyak panduan yang mengulas cara membuat email dan mengakses layanan Google di atas.

2. Account Yahoo Mail juga bisa digunakan untuk membuat wordpress. Sebaiknya Anda juga membuat account ini,, mengingat Yahoo Messenger masih menjadi favorite untuk chat (mengobrol) dengan dukungan webcam, emoticon yang menarik, serta lebih stabil daripada chat melalui facebook. Anda bisa menjalin hubungan dengan kawan maupun client. Yahoo! sangat populer,,

3. Facebook masih menjadi jejaring sosial yang paling diminati orang sekarang,, tidak perlu dijelaskan di sini. Beberapa pesimistis, lainnya optimis dengan prospek bisnis di facebook. Smashing Magazine sempat melansir buku Professional Web Design yang mengatakan bahwa jejaring sosial semacam facebook tidak akan mengoptimalkan tujuan bisnis website Anda. Namun kenyataan berbicara lain: facebook bisa berkomunikasi dengan calon client lokal (sebab tidak semua bisnis itu meng-internasional), menjaring orang dengan fanatisme product dan mendiskusikan artikel Anda. Fitur bawaan (built-in) facebook untuk membuat group dan halaman penggemar (fan page) semakin membebaskan pemakai setelah dua tonggak teknologi dicanangkan, yaitu, bahasa pemrograman FBML (HTML-nya facebook) dan sindikasi RSS. Apa yang Anda posting di wordpress dapat ditayangkan di status dan beranda (home), serta lebih mudah “mempengaruhi” client. Buatlah account facebook dengan username Anda. Account facebook akan mengoptimalkan tujuan pembuatan website Anda dengan sindikasi antara wordpress dan facebook.

4. Twitter juga harus dimiliki. Twitter itu semacam update status facebook dalam format text only dan link. Anda dengan mudah dapat menuliskan “sesuatu” di twitter melalui ponsel dan akan ditayangkan di halaman website. Bayangkan jika Anda bisa meng-update website dari ponsel setiap saat. Register accout twitter itu sangat cepat.

Aktivitas di internet sering membutuhkan registrasi,, semuanya berawal dari account email yang Anda daftarkan. Saat membuat website Anda akan selalu membutuhkan account yang telah Anda buat. Mungkin Anda membutuhkan account lain,, seperti Flickr (registrasi dengan Yahoo!Mail)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda bisa berkomentar tanpa perlu login.

 
Day Milovich (c) 2013. Diberdayakan oleh Blogger.