Selasa, Oktober 05, 2010

WinToFlash: Mudahnya Install Windows XP/Vista/7 tanpa CD/DVD Drive

Penulis Day Milovich | Selasa, Oktober 05, 2010 | 14.30.00 |

Kalau Anda memiliki master Windows XP/Vista/7, sebaiknya simpanlah dalam bentuk .ISO dalam hardisk. Sewaktu-waktu, akan ada teman atau kolega yang membutuhkan bantuan untuk menginstall Windows.

Sekarang, menginstall Windows XP/Vista/Seven tidak lagi serumit dulu. Kalau Anda pernah dibingungkan dengan prosedur untuk membuat flashdisk menjadi bootable, sekarang langkahnya dapat lebih mudah dilakukan dengan WinToFlash.

1. Syarat dasarnya tetap sama: BIOS Motherboard Anda harus support "boot from USB/Flash" kalau tidak, ya tidak mungkin. Hampir semua Pentium 4 (apalagi dual core, core 2 duo, dan quad core) sudah memiliki feature ini.

2. Anda harus punya/pinjam/download master Windows XP/Vista/7 serta flashdisk yang kapasitasnya bisa memuat master dalam bentuk ISO.

3. Software untuk convert media bootable Windows (CD/DVD master) menjadi .ISO, dalam hal ini saya sarankan UltraISO[premium] v9.3.2
Pilih English (atau bahasa lain)> download!

Agar menjadi full version, masukkan:
Username : UW-Madison Executive Education
Serial : 1519-E287-A828-A24A

3. Gunakan WinToFlash yang bisa mentransfer master Windows XP/2003/Vista/2008/7 dari CD atau ISO CD/DVD ke dalam flashdisk bootable. Developer software WinToFlash tidak menjelaskan bahwa software ini support .ISO namun setelah dijajal, lancar-lancar saja. Anda dapat mendownload dari ftp atau torrent.

Jalankan "Windows setup transfer Wizard". Pekerjaan selesai.

Skenario yang bisa kita jalankan: Seorang gadis bernama Jullie datang ke tempat Anda, "Bisa install ulang?". Anda tanya balik, "Masalahnya apa, Non?". Jullie bercerita, "Nggak ngerti. Windows saya tadinya beres, tahu-tahu error, harus diinstall-ulang. Tapi laptop saya nggak ada DVD-nya." Dan seterusnya.

Anda tinggal memasukkan CD Master ke laptop/komputer Anda, kemudian klik kanan pada drive CD/DVD, pilih "Add to Windows.ISO" (atau apalah namanya). Tunggu sampai jadi .ISO, lalu jalankan WinToFlash agar flashdisk Anda menjadi bootable. Masukkan pula software-software yang kira-kira dibutuhkan Jullie. Sambil menunggu, bincang-bincang sebentar dengan client, terus setelah selesai Anda siap ajak berangkat. "Jullie, let's finish the game".

Download:

WinToFlash:
ftp://wintoflash:M9cfv0eG@downloadserver1.wintoflash.com/distributions/Novicorp%20WinToFlash%200.4.0021%20beta.zip

UltraISO v9.32
http://www.ezbsystems.com/ultraiso/download.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda bisa berkomentar tanpa perlu login.

 
Day Milovich (c) 2013. Diberdayakan oleh Blogger.